Tangerang Selatan, 21 Juli 2024 - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP-UT) mengadakan kegiatan Pembekalan Bela Negara bagi Mahasiswa PPG Prajabatan di Gedung Serbaguna Universitas Terbuka. Kegiatan ini diikuti oleh 42 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 dan 2024 dari Kampus UT Bogor, dan diselenggarakan dengan dukungan penuh dari Pusat Penerbangan Angkatan Darat (PUSPENERBAD), Pondok Cabe, Tangerang Selatan. 

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Dekan FKIP-UT, Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc., yang menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang pentingnya bela negara serta memperkuat rasa cinta tanah air. Beliau menekankan bahwa tujuan dari pembekalan ini adalah untuk membangun kesiapan mental dan fisik mahasiswa dalam menghadapi tantangan sebagai guru profesional, memberikan pengetahuan dasar tentang bahaya NAPZA, terorisme, dan radikalisme, serta cara penanggulangannya. 

Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh Kepala Bagian Latihan Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Mayor Cpn Ahmad Awwaluddin, S.Hub.Int. Dalam sambutannya, Mayor Ahmad menekankan bahwa konsep Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer, tetapi juga harus merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Beliau menegaskan bahwa setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkret Bela Negara. 


Rangkaian kegiatan pembekalan bela negara ini mencakup beberapa materi penting yang disampaikan oleh para ahli. Mayor Cpn Faris Affandi memberikan pengantar mengenai Bela Negara, diikuti oleh Bapak Dinisfusya’ban, Fungsional Sandiman dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), yang memberikan materi tentang Cyber Defense Awareness. Komisaris Polisi Dewi Ayu dari Badan Narkotika Nasional (BNN) menyampaikan materi tentang "Kenali, Pahami, dan Perangi Penyalahgunaan Narkoba". Selain itu, kegiatan indoor team exercise dirancang untuk memperkuat kerja sama antar peserta. 

 


Para peserta menunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Keaktifan mereka dalam sesi-sesi pembekalan serta kerjasama yang solid selama kegiatan indoor team exercise mencerminkan keseriusan mereka dalam memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Bela Negara. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para mahasiswa PPG Prajabatan dalam mengimplementasikan nilai-nilai Bela Negara di lingkungan pendidikan dan masyarakat luas. FKIP-UT berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa guna mendukung pengembangan karakter dan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang profesional dan berintegritas.