Jakarta, 30 Juni 2024 – Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang I tahun 2023 FKIP-UT melaksanakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Ujian Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) setelah melaksanakan proses pembelajaran selama dua semester di LPTK.

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) UKPPPG merupakan langkah strategis dan penting untuk menghasilkan lulusan PPG Calon Guru yang memahami dan mampu mengintegrasikan pengetahuan konten ke dalam pengetahuan tentang kurikulum, pembelajaran, dan karakteristik siswa. Pengetahuan tersebut akhirnya dapat menuntun guru untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi situasi pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan siswa, secara individual maupun kelompok. Hal ini untuk menjamin daya saing, kualitas dan kuantitas lulusan lulusan Mahasiswa PPG Calon Guru.

 

 

Pelaksanaan ujian ini dilakukan secara daring yang terlokasi di Tempat Ujian Komputer (TUK) yang ditunjuk dan ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan Profesi Guru selaku pelaksana pusat. Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan UKPPPG yang pertama di empat UT Daerah sebagai penyelenggara PPG Prajabatan. 

Ujian ini terdiri dari 2 sesi per hari selama 150menit/sesi yang diselenggarakan pada tanggal 29 Juni 2024 di UT Bandung, UT Bogor dan UT Majene. Sementara UT Serang menyelenggarakan pada tanggal 30 Juni 2024. Sebanyak 80 soal pilihan ganda dan 2 soal isian/esai diberikan kepada 104 peserta ujian PPG FKIP-UT.