Kebijakan Tertulis

 

Terdapat kebijakan tertulis dan implementasinya terkait rekrutmen dan seleksi dosen, dan tenaga kependidikan, serta peraturan pimpinan perguruan tinggi yang mengatur rekrutmen dan seleksi, penempatan, pengembangan, evaluasi kinerja, dan pemberhentian SDM, meliputi:

  1. Undang-undang Republik Indonesia no 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586) (lihat dokumen)
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301) (lihat dokumen)
  3. Surat Keputusan Rektor No 1623 Tahun 2015 Tentang Sistem Penerimaan Pegawai di Lingkungan Universitas Terbuka (lihat dokumen)
  4. Pedoman Rekrutmen dan Seleksi Dosen (lihat dokumen)
  5. Pedoman Rekrutmen Tenaga Kependidikan (lihat dokumen)
  6. Pedoman Rekrutmen dan Pensiun Pegawai (lihat dokumen)
  7. Prosedur Seleksi Evaluasi Tenaga Akademik (lihat dokumen)

 

UPPS memiliki kebijakan tertulis dalam bentuk peraturan-peraturan pimpinan perguruan tinggi (Rektor/Dekan) yang mengatur rekrutmen dan seleksi, penempatan, pengembangan, evaluasi kinerja, dan pemberhentian dosen sebagai pengampu pada program PPG dan guru pamong sebagai pendamping dosen PPG meliputi:

  1. Permendikbud Nomor 38 Tahun 2020 tentang Tata Cara Memperoleh Sertifikat Pendidik bagi Guru Dalam Jabatan, pada pasal 22 dijelaskan mengenai penetapan Dosen, Guru pamong, dan tenaga kependidikan untuk mendukung terselenggaranya Program PPG dalam Jabatan (lihat dokumen)
  2. Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 5444/B/HK.03.01/2003 tentang petunjuk teknis pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru Bagi Guru Dalam Jabatan yang membahas perihal persyaratan Dosen, Guru Pamong, Instruktur, dan Tenaga Kependidikan (lihat dokumen)
  3. Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 4560/B/HK.03.01/2023 tentang petunjuk teknis pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan yang membahas perihal persyaratan Dosen, Guru Pamong, Instruktur, dan Tenaga Kependidikan (lihat dokumen)
  4. Surat Keputusan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nomor 31675 Tahun 2023 tentang pemberlakuan petunjuk teknis pelaksanaan program pendidikan profesi guru dalam jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (lihat dokumen)
  5. Surat Keputusan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nomor 31674/UN31.FKIP/HK.05/2023 Tahun 2023 tentang pemberlakuan petunjuk teknis pelaksanaan program pendidikan profesi guru dalam jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (lihat dokumen)
  6. Pedoman Rekrutmen dan Seleksi SDM PPG (lihat dokumen)
  7. Prosedur Seleksi dan Evaluasi SDM PPG FKIP-UT (lihat dokumen)