Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan kegiatan Pengukuhan Kelulusan Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan Periode 1 yang berlangsung di Gedung Universitas Terbuka Convention Centre (UTCC), Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Acara pengukuhan yang diadakan bersamaan dengan kegiatan wisuda ini mengambil tema “Ukir Masa Depan Berkualitas, Maju Bersama UT”.  Wisudawan yang hadir pada kegiatan ini terdapat sekitar 2.017 orang yang berasal dari Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta Sekolah Pascasarjana (SPs), termasuk 144 lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Kegiatan wisuda ini dimulai dengan sambutan Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor oleh Firmansyah, S.Kom., M.M., dan pengukuhan oleh Rektor UT. Pada kegiatan wisuda ini Rektor Universitas Terbuka mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah melewati perkuliahan sampai dengan wisuda ini ditengah banyaknya tugas dan kegiatan yang harus diselesaikan.  Prestasi akademik yang didapatkan oleh para wisudawan bukan hanya pergorbanan pribadi saja akan tetapi ini adalah pengorbanan dari seluruh orang-orang terdekat kita yang senantiasa mendoakan dan mendukung sampai dengan saat ini. Beliau memaparkan “UT tidak boleh mengimplementasikan biaya UKT yang mahal, kalau itu dilakukan maka cita-cita pemerintah untuk pemerataan Pendidikan tinggi tidak akan tercapai. UT harus merangkul semua anak bangsa. Mereka harus memiliki kesempatan kuliah di perguruan tinggi”.

Prosesi wisuda ini pun dihadiri dari seluruh penjuru Indonesia bahkan dari Luar Negeri. Pada wisuda ini pun UT memberikan kesempatan kepada wisudawan inspiratif yaitu Bupati Kabupaten Belitung Timur, Drs. Burhanuddin. Di tengah kesibukannya, ia sangat semangat mengikuti perkuliahan dan sukses menyelesaikan studi dengan IPK yang sangat memuaskan. Beliau bercerita “Pengalaman saya kuliah di UT bukan hal yang mudah. Di awal, saya mengajak ajudan saya dan kami sepakat untuk kuliah di UT dan mengambil jurusan hukum” dan beliau pun senantiasa mengajak para pegawai pemerintahan, rekan kerja, dan keluarganya untuk dapat menjunjung tinggi Pendidikan dan studi sampai ke jenjang perkuliahan.

Dalam kesempatan ini juga Rektor UT memberikan penghormatan kepada para Guru yang hadir dan jumlahnya lebih dari 50% dari seluruh wisudawan. Hal ini ditandai dengan slempang berwarna ungu yang merupakan warna dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan beliau memberikan pantun khusus untuk guru.

 

Burung Perkutut Burung Gelatik,

Warnanya indah lurik-lurik.

Bapak dan Ibu guru kita sangatlah tampan dan cantik,

Cara mengajarnya pastilah menarik.

Dengan berakhirnya pantun tersebut maka kegiatan wisuda ditutup dan disertai dengan tepuk tangan yang paling meriah dari seluruh hadirin yang hadirin. Lulusan PPG sendiri dihimbau untuk mendaftarkan diri sebagai anggota Ikatan Alumni (IKA) UT seperti halnya mahasiswa UT lainnya. Hal tersebut disambut baik oleh para lulusan PPG yang dengan bangga menunjukkan kartu anggota IKA UT saat dijumpai berada di stand IKA UT yang berdampingan dengan tim Tracer Study dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UT.